Akhir Tahun 2022, Awal Tahun 2023


Akhir tahun merupakan saat yang tepat untuk mengakhiri satu tahun dan memulai tahun baru dengan penuh harapan dan semangat. Banyak orang yang merayakan akhir tahun dengan berbagai cara, seperti mengadakan pesta, menonton pertunjukan, atau hanya bersantai di rumah bersama keluarga dan teman-teman. Di tengah kabar yang kurang mengenakan akhir-akhir ini mengenai fenomena alam, bencana, dan lain sebagainya, kami memutuskan untuk tidak keluar rumah.

Kemarin malam, saya sudah mengatakan ke kakang untuk tidak keluar dari wilayah Serang selama masa peralihan 2022 ke 2023. Kami fokus di rumah saja, beberes dan yah..., istirahat total di rumah. Lagi pula, cuaca sangat mendukung untuk tidak bepergian kemana pun. Lagipula, cuaca di Kota Serang sejak kemarin, hingga hari ini berhujan terus; reda sebentar, hujan deras lagi, begitu saja seterusnya.

Semalam, saya tidur lebih awal. Ketiduran lebih tepatnya. Karena saya sedang maskeran, dan entah ke mana masker itu kemudian. Kata kakang saya sempat ngomong eh minta tolong lepasin masker dan ia meminta saya cuci muka dulu sebelum tidur lagi. Tapi, saya tidak ingat sama sekali. Yang saya rasakan hanya cuacanya sedang dingin sekali. Baru ketika keesokan harinya, karena terus menerus hujan, saya mengajak kakang beberes rumah saja. Kami membereskan tanaman yang pada akhirnya kami masukan kembali ke beranda, karena di luar cuaca panas membuat daun-daunnya tidak bagus. Saat beres-beres itu, kami menemukan kelabang yang bersarang di tumpukan bata dan langsung membasminya bersama bayi-bayinya yang banyak. Sejak kapan dia bersarang di sana, kami tidak tahu. Hanya saja, mudah-mudahan selanjutnya tidak ada binatang seperti itu lagi. Ngeri.

Hmm, tahun 2023 ini sebenarnya saya tidak memiliki harapan yang muluk-muluk. Saya hanya akan menyelesaikan apa yang telah saya mulai di tahun sebelumnya. Oleh karena tahun lalu saya sudah tertinggal banyak hal, khususnya di studi saya, maka tahun ini pun akan lebih berusaha fokus untuk menyelesaikan studi. Peralihan fokus ini sebenarnya agak sulit, sempat membuat masalah baru dalam diri saya juga. Tapi, mau bagaimana lagi? Sekali diputuskan, tidak boleh mundur, bukan? Karena itu, semoga saya mendapat dukungan penuh dari semesta saya untuk melakukannya. Selain itu, ada juga beberapa hal yang sedang saya usahakan. Yah, itu bagian dari upaya yang saya lakukan di kehidupan ini.

Saya mesti mengucapkan terima kasih kepada semua orang yang telah membuat tahun 2022 saya lebih berwarna. Terima kasih atas segalanya. Selamat tahun baru 2023, genks. Semoga tahun ini kita semua selalu sehat, selamat dan berkelimpahan rezeki dari arah mana saja.

 

You Might Also Like

0 Comments