Berkenalan dengan Si Hijau Cecuer, Yuk!





Genks, salah satu kudapan tradisional khas Banten yang sulit dijumpai di luar bulan Ramadan adalah kue berwarna hijau ini. Cecuer, namanya. Kue andalan untuk berbuka puasa ini banyak dicari karena ada kepercayaan bila kue ini dapat 'mendinginkan' perut setelah berpuasa.

Kudapan ini terbuat dari tepung beras, tepung aci dan sedikit terigu dipadukan dengan rebusan daun godong sewu atau daun suji, dan daun pandan. Cara pembuatannya pun terbilang cukup mudah. Campurkan semua bahan, aduk hingga benar-benar menyatu. Adonan harus setengah encer, untuk kemudian dituangkan ke dalam loyang berbentuk persegi. Lalu, kukus kue hingga matang.

Setelah matang, dinginkan dan lepaskan dari loyang. Kue cecuer ini biasanya dijual dalam bentuk berlapis-lapis sebanyak 10 lapisan dan kemudian dibagi menjadi 4 bagian, lalu dibagi lagi menjadi 4 bagian yang lebih kecil. Kue ini biasanya dihidangkan dengan kukusan parutan kelapa yang telah dibubuhi garam. Rasanya kenyal, tidak manis tapi memiliki aroma pandan yang sangat kuat. 

Hmm, kalau mau makan di luar bulan Ramadan gimana ya? Bagaimana kalau kita buat saja? Nah, ini resepnya. 






You Might Also Like

0 Comments