Menikmati Teh Kelor di Umakite




"Mau minum apa? Biar saya yang buatkan..." Tanya owner Umahkite, Om Andi.

"Waduh? Kok aku merasa terhormat begini, ya? Hahaha. Boleh apa saja yang penting enak, om."

Apa yang ada di kepalamu ketika mendengar Teh Daun Kelor? Susuk brudul? Tenang, kamu tidak sendirian memikirkan hal itu. Saat saya memesan Teh Kelor di Umahkite pun, hampir semua teman-teman saya memberikan peringatan itu. Tapi karena saya suka 'susuk' (kembalian uang, Bahasa Sunda), maka saya tetap memesannya.

Penasaran juga, sih, bagaimana rasanya teh daun kelor ini. Apalagi Om Andi, merekomendasikannya beserta informasi berbagai khasiat yang dikandung tumbuhan suku moringaceae ini. Katanya, WHO juga menganjurkan anak-anak dan bayi untuk mengkonsumsi daun yang di Indonesia dianggap sebagai daun penolak bala dan sering dikaitkan dengan kasus-kasus mistis ini. Tapi tentu, sebelumnya ia bertanya dulu, apa saya punya susuk?

Ya sudah, saya jawab saja, boro-boro susuk disuntik aja saya mah takut.

Sambil ngobrol, saya iseng mencari kajian mengenai tumbuhan yang sering disebut miracle tree atau mothers best friend ini. 

Dalam kajian yang dilakukan oleh Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, tumbuhan yang disebut sebagai miracle tree atau Mothers best friend ini mengandung banyak nutrisi dan memiliki potensi untuk menjadi bahan baku industri kosmetik, obat-obatan dan juga perbaikan lingkungan yang tercemar. Senyawa bioaktif dalam kelor menyebabkan tumbuhan yang berkembang biak di iklim tropis dan subtropis ini mengandung antioksidan tinggi dan antimikrobia. Selain itu, kelor juga bisa menjadi pengawet alami dan memperpanjang masa simpan daging. 

Sementara untuk kandungan nutrisi, daun kelor memiliki nutrisi mikro sebanyak 7 kali vitamin C dalam jeruk, 4 kali vitamin A dalam wortel, 4 gelas kalsium dalam susu, 3 kali potassium dalam pisang dan 2 kali protein dalam yoghurt.

Lalu, apa saja sih khasiat Teh Daun Kelor bagi kesehatan? Ada 15 manfaat Teh Daun Kelor yang diulas oleh Sehatq.com, diantaranya:

1. Mengontrol diabetes

2. Menurunkan berat badan

3. Meningkatkan energi

4. Baik untuk kulit

5. Meredakan kram menstruasi

6. Menyehatkan rambut

7. Meningkatkan daya tahan tubuh

8. Menyehatkan jantung

9. Menyehatkan pencernaan

10. Mengatasi lemah syahwat

11. Meningkatkan kesuburan pria

12. Baik untuk otak

13. Menyeimbangkan hormon di tubuh

14. Mempercepat proses penyembuhan

15. Berpotensi mencegah kanker

Banyak, kan? Karena itu, setelah tahu manfaatnya ini saya tetap memesan Teh Daun Kelor saja. Agar selalu bugar tubuh ini. Ohohoho.

Aduh, Umakite jauh. Tapi di rumah ada daun kelor, kok.

Nah, asyik. Kamu bisa membuat teh daun kelor sendiri. Kamu juga bisa menambahkan bahan lainnya seperti madu, lemon dan lainnya. Tinggal ambil daun kelor yang sudah tua dan keringkan di bawah sinar matahari. Kamu bisa mengeringkan lebih banyak, agar punya stok jika sewaktu-waktu ingin menikmati teh daun kelor di pagi atau sore hari. Cucok, kan?

Dan karena saya tidak punya pohon kelor, jadi ya udah yang ada saja. Untungnya, Umakite menyediakan menu ini. Jadi we saya pesannya itu melulu. Hatur nuhun om & Ateu Andi yang sudah menyediakan di menu. Heuheu...

You Might Also Like

0 Comments