Ini Sekolah yang Bangunannya Terdaftar di Cagar Budaya Kabupaten Lebak




Ada kebanggaan khusus bila gedung sekolah kita terdaftar sebagai cagar budaya. Apalagi gedung sekolah kita juga dahulunya dipakai untuk gedung sekolah, entah HIS atau ELS atau lainnya. Pasti senang, pasti bangga!

Eh, tapi seram, lho, sekolah itu mah. Komentar itu jangan dianggap, genks. Di gedung tua mana pun, residual energi itu pasti ada. Jadi, dibawa enjoy saja. Woles. Anggap saja sebagai bagian dari kebanggaan itu sendiri.

Nah, ini daftar sekolah yang gedungnya pernah dipakai sebagai gedung sekolah zaman Belanda di Kabupaten Lebak. Hayo, siapa alumni sekolah-sekolah ini? Masih ingat sejarahnya? Yuk, bagikan di kolom komentar.

1. Hollandsche Indlandsche Shool (HIS) - SD Kejaksaan Rangkasbitung

Holand Inlander School (HIS) berada di Jl. H.M. Iko Jatmiko No. 4 
Rangkasbitung bersebelahan dengan TK PGRI Rangkasbitung. Masyarakat sering menyebutnya sebagai Sekolah Dasar (SD) Kejaksaan. Tahun 1980-2000 bangunan di area ini dipakai secara bergantian oleh SDN 1  Rangkasbitung dan SDN 4 Rangkasbitung. Bangunan peninggalan sekolah Belanda ini dibangun pada tahun 1930. Sekolah favorit ini hingga kini masih dipergunakan oleh SDN 1 Rangkasbitung Barat. Tidak hanya itu, sekolah ini juga menjadi sekolah dasar rintisan internasional dan menjadi salah satu sekolah unggulan di Kabupaten Lebak khususnya dan umumnya di Propinsi Banten.

Hayo ngaku, siapa alumni SD Kejaksaan?



2. Europeesche Lagere School (ELS) - SMPN 1 Rangkasbitung

Europeesche Lagere School (ELS) terletak di Jl. Multatuli No. 37 Rangkasbitung. Bangunan ini dibangun pada tahun 1928 dan dipergunakan sebagai sekolah orang-orang Eropa pada masa penjajahan Belanda. Setelah merdeka, gedung sekolah ini dialihfungsi menjadi Sekolah Kepandaian Putri (SKP) yang dipimpin oleh R. Soenardi. 

Sekarang, digunakan sebagai SMP Negeri 1 Rangkasbitung. Tentu, sejarah perjalanan menuju jenjang sekolah menengah ini sangat panjang. Dari ELS ke SKP, ke SMP Nasional, hingga ke SMP Negeri 
Rangkasbitung. 

Siswa dan alumni SMP 1 Rangkasbitung pasti hapal sejarah sekolahnya, nih! Ayo siapa yang masih hapal?



3. Fordvoorlg School - SD Multatuli

Fordvoorlg School berada di Jl. Multatuli No. 32, Muara Ciujung Barat, Rangkasbitung. Sekolah dasar ini juga dikenal sebagai Komplek SD Multatuli karena letaknya berada di Jl. Multatuli. Bangunan sekolah ini dibangun pada tahun 1928.

Siapa alumni SD Multatuli? Masih hapal sejarahnya? 
Yuk bagikan di sini.


4. Mardhi Oetomo School - SD Mardi Utomo Rangkasbitung

Mardhi Oetomo School berada di Jl. Kalijaga No. 188, Muara Ciujung Barat, Kec. Rangkasbitung, Kabupaten Lebak. Bangunan SD ini dibangun pada tahun 1928. Dahulunya, bangunan ini adalah bagian dari Gereja Kristen Pasundan (GKP) Rangkasbitung yang bersebelahan dengan sekolah ini.


Siapa alumni sekolah ini? 



Nah, bagi kamu yang hapal mengenai sejarah sekolah-sekolah ini, silakan bagikan di kolom komentar, ya. Komentar yang seru, yang asyik, akan mendapat hadiah ketjutan. Mau tahu hadiahnya? Ya kejutan dong. Hihihi...

You Might Also Like

0 Comments