Fakta Menarik Hari Susu Sedunia yang Tidak Boleh Dilewatkan!

 

World Milk Day atau Hari Susu Sedunia diperingati setiap tanggal 1 Juni. Peringatan ini merupakan sebuah momen global yang dideklarasikan oleh Organisasi Pangan dan Pertanian Perserikatan Bangsa-Bangsa (FAO). Hari yang kini telah menjadi tradisi ini bertujuan untuk mengangkat pentingnya konsumsi susu secara global.

Awal mula Hari Susu Sedunia diprakarsai oleh FAO pada tahun 2001. Tanggal 1 Juni dipilih sebagai hari perayaan disesuaikan dengan perayaan yang sudah berlangsung di banyak negara. Sejak itu, momentum ini menjadi panggung bagi beragam kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran akan peran vital produk susu dalam pola makan yang sehat, produksi pangan yang bertanggung jawab, serta dukungan terhadap mata pencaharian dan komunitas.

Data dari FAO menunjukkan bahwa lebih dari satu miliar mata pencaharian bergantung pada sektor susu, sementara produk susu dikonsumsi oleh lebih dari enam miliar individu di seluruh penjuru dunia. Kehadiran perayaan ini secara serentak di banyak negara menegaskan pentingnya susu sebagai makanan global yang tak bisa diabaikan.

Perayaan Hari Susu Sedunia selalu menjadi magnet bagi partisipasi luas. Misalnya, pada tahun 2016, lebih dari 40 negara menggelar berbagai kegiatan seperti maraton, demonstrasi pemerahan susu, konser, dan konferensi. Di tahun-tahun berikutnya, perayaan ini semakin meriah dengan lebih dari 100 negara ikut serta, mencakup kegiatan mulai dari kunjungan ke peternakan hingga kontes foto.

Pada tahun 2020, yang juga menandai 20 tahun perayaan Hari Susu Sedunia, momentum ini tidak kehilangan kilauannya meskipun di tengah pandemi global COVID-19. Lebih dari 842 juta tayangan di media sosial dihasilkan sebagai bentuk partisipasi dari lebih dari 104 negara.

Dan di tahun 2024 ini, perayaan Hari Susu Sedunia kembali dilaksanakan dengan fokus untuk merayakan peran penting produk susu dalam memberikan nutrisi berkualitas untuk menyehatkan dunia. Produk susu merupakan makanan yang mudah didapat, terjangkau, dan padat nutrisi, serta merupakan bagian penting dari pola makan seimbang di seluruh dunia.

Dilansir dari worldmilkday.org, perayaan kali ini berbicara tentang kontribusi penting sektor susu terhadap:

  1. Makanan yang baik, kesehatan dan gizi.
  2. Para petani merawat secara bertanggung jawab komunitas mereka, tanah dan hewan mereka.
  3. Praktik keberlanjutan di sektor susu.
  4. Bagaimana produk susu berkontribusi terhadap pembangunan ekonomi dan mata pencaharian.

Kegiatan ini akan terus menjadi sorotan untuk menyadarkan dunia akan pentingnya susu dalam menjaga kesehatan, mendukung perekonomian, dan memperkuat komunitas secara global. Sambutlah Hari Susu Sedunia dengan antusias dan wujudkan kesadaran akan manfaat besar susu bagi kita semua!

You Might Also Like

0 Comments