Sejarah dan Makna Hari Keluarga Internasional 2024

 


Hari Keluarga Internasional, dikenal juga sebagai Hari Keluarga Sedunia, menjadi peristiwa penting yang dirayakan di seluruh penjuru dunia. Tujuannya tak lain untuk menghargai keberadaan ikatan keluarga serta memupuk persatuan di tengah ragam budaya dan latar belakang keluarga yang berbeda. Keluarga bukanlah sembarang entitas dalam masyarakat; justru, mereka adalah fondasi terkecil yang membentuk landasan bagi perkembangan individu.

Momen Hari Keluarga Sedunia pada tahun 2024 diperingati setiap tanggal 15 Mei. Perayaan ini menghadirkan kesempatan bagi berbagai negara di dunia untuk menyelenggarakan beragam kegiatan dan acara. Perserikatan Bangsa-Bangsa dan Federasi Perdamaian Universal menjadi pendorong utama di balik momentum penting ini.

Sejarah Hari Keluarga Internasional

Pada tahun 1993, Perserikatan Bangsa-Bangsa mengeluarkan resolusi yang menegaskan tekad mereka untuk meningkatkan standar hidup dan kemajuan sosial keluarga di seluruh dunia. Kemudian pada tahun 1994, Perserikatan Bangsa-Bangsa secara resmi menetapkan Hari Keluarga Internasional sebagai respon terhadap perubahan struktur ekonomi dan sosial yang mempengaruhi stabilitas keluarga di berbagai belahan dunia. Momentum ini pada dasarnya menegaskan bahwa keluarga adalah pilar utama dalam struktur masyarakat mana pun.

Merayakan Hari Keluarga Internasional memiliki dua tujuan utama, yaitu meningkatkan kesadaran akan pentingnya keluarga dan menggarisbawahi berbagai tantangan yang dihadapi. Sebagai bagian dari perayaan ini, setiap tahunnya, permasalahan yang mempengaruhi keluarga dan langkah-langkah untuk mengatasinya diberikan sorotan. Hal ini sekaligus menjadi momentum untuk menunjukkan bagaimana keluarga yang kuat mampu memberikan kontribusi besar bagi masyarakat dan negara.

Simbol Hari Keluarga Internasional adalah lingkaran hijau yang solid dengan gambaran sebuah rumah dan hati di tengahnya. Simbol tersebut menyampaikan pesan tentang lingkungan yang aman dan penuh dukungan yang diberikan oleh sebuah keluarga kepada semua anggotanya.

Tema Hari Keluarga Internasional

Dilansir dari parenting.firstcry.com, setiap tahun PBB menetapkan tema untuk Hari Keluarga Internasional. Tema tersebut membantu menyoroti isu-isu kunci yang perlu diperhatikan. Tema tahun ini adalah 'Keluarga Membangun Masa Depan yang Tangguh'. Tema-tema sebelumnya mencakup berbagai aspek kehidupan keluarga, dari tantangan demografis hingga dampak teknologi baru. Berikut ini merupakan tema-tema Hari Keluarga Internasional:

  1. Merangkul Keberagaman, Memperkuat Keluarga – 2024
  2. Tren Demografi dan Keluarga – 2023
  3. Keluarga dan Urbanisasi – 2022
  4. Keluarga dan Teknologi Baru – 2021
  5. Keluarga dalam Pembangunan: Kopenhagen & Beijing+25 – 2020
  6. Keluarga dan Aksi Iklim: fokus pada SDG1 -2019
  7. Keluarga dan Masyarakat Inklusif – 2018
  8. Keluarga, Pendidikan dan Kesejahteraan – 2017
  9. Keluarga, Kehidupan Sehat dan Masa Depan Berkelanjutan – 2016
  10. Laki-laki yang Bertanggung Jawab? Kesetaraan Gender dan Hak Anak dalam Keluarga Kontemporer – 2015
  11. Keluarga Penting bagi Pencapaian Tujuan Pembangunan – 2014
  12. Memajukan Integrasi Sosial dan Solidaritas Antargenerasi – 2013
  13. Memastikan Keseimbangan Pekerjaan-Keluarga – 2012
  14. Menghadapi Kemiskinan Keluarga dan Pengucilan Sosial – 2011
  15. Dampak Migrasi terhadap Keluarga di Seluruh Dunia – 2010
  16. Ibu dan Keluarga: Tantangan dalam Dunia yang Berubah – 2009
  17. Ayah dan Keluarga: Tanggung Jawab dan Tantangan – 2008
  18. Keluarga dan Penyandang Disabilitas – 2007
  19. Mengubah Keluarga: Tantangan dan Peluang – 2006
  20. HIV/AIDS dan Kesejahteraan Keluarga – 2005
  21. Peringatan Kesepuluh Tahun Keluarga Internasional: Kerangka Aksi – 2004
  22. Persiapan Peringatan Kesepuluh Tahun Keluarga Internasional Tahun 2004 – 2003
  23. Keluarga dan Penuaan: Peluang dan Tantangan – 2002
  24. Keluarga dan Relawan: Membangun Kohesi Sosial – 2001
  25. Keluarga: Agen dan Penerima Manfaat Pembangunan – 2000
  26. Keluarga untuk Segala Usia – 1999
  27. Keluarga: Pendidik dan Pemberi Hak Asasi Manusia – 1998
  28. Membangun Keluarga Berdasarkan Kemitraan – 1997
  29. Keluarga: Korban Pertama Kemiskinan dan Tunawisma – 1996

Bagaimana Hari Keluarga Internasional dirayakan di seluruh dunia? Di berbagai komunitas, pejabat publik mengadakan diskusi dan wacana tentang tantangan yang dihadapi keluarga mereka. Beberapa negara menyelenggarakan acara-acara berdasarkan tema yang ditetapkan oleh PBB. Meskipun bukan hari libur resmi, namun momentum ini menjadi momen penting bagi keluarga untuk berkumpul dan mempererat ikatan.

Bagaimana Anda bisa merayakan Hari Keluarga? Anda bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, mengadakan diskusi terbuka tentang masalah yang dihadapi, atau bahkan mengambil bagian dalam aktivitas pengabdian masyarakat. Dengan merayakan Hari Keluarga Internasional, kita tidak hanya menghargai keberadaan keluarga sebagai fondasi masyarakat, tetapi juga memperkuat keterikatan di antara anggota keluarga serta masyarakat secara luas.

You Might Also Like

0 Comments