Mencicipi Angeun Lada

 




Bagi masyarakat Kabupaten Pandeglang dan Kabupaten Lebak, makanan yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi. Karena selalu ada di dalam daftar menu lauk pauk di hari-hari tertentu seperti hari raya dan perayaan lainnya. Nama Angeun Lada sendiri berasal dari Bahasa Sunda. Angeun artinya sayur dan Lada artinya pedas. Yup, Angeun Lada ini memang memiliki rasa pedas, genks.

Bahan utama pembuatan kuliner khas yang telah ditetapkan sebagai Warisan Budaya Tak Benda (WBTB) sejak 2016 ini adalah daging, genks. Baik itu daging kerbau, kambing, atau bahkan daging sapi dengan bagian-bagian lainnya seperti babat. Kalau yang minimalis ya daging ayam. Yang pasti, bumbunya yang mesti dan wajib ada dalam olahan ini adalah daun walang. Aroma daun inilah yang menjadi pembeda Angeun Lada dengan olahan daging berkuah lainnya, genks.

Sementara bumbu lainnya yaitu bawang merah, bawang putih, serai, lengkuas, daun salam, gula pasir, garam, minyak goreng, kemiri, tomat, kencur, dan jahe. Agar lebih mantap, kemirinya mesti digoreng dulu dan bawang merah serta bawang putihnya dipanggang dulu, genks.

Cara membuatnya gampil atau gampang. Meskipun memang, bila di perkampungan Pandeglang maupun Lebak, olahan ini dimasak di atas tungku dan menggunakan kayu bakar. Tapi, tidak masalah juga bila kamu mencobanya menggunakan kompor gas di rumah, genks. Pertama, siapkan bahan utamanya yaitu perdagingan, entah itu daging kerbau, sapi, kambing atau bahkan ayam atau bebek ataupun bagian babatnya saja sebanyak yang kamu butuhkan. Misalnya, sebanyak 1 kg. Potong-potong daging itu berbentuk dadu. Lalu siapkan 2 lembar daun walang, 3 buah tomat (potong-potong), geprek 2 ruas batang serai, memarkan1 ruas lengkuas, garam, air secukupnya, gula pasir dan siapkan juga daun salamnya, ya

Untuk bumbu yang mesti kamu haluskan yaitu, 15 buah cabai merah, 10 butir kemiri yang telah kamu goreng, 10 siung bawang merah yang telah kamu bakar, 5 siung bawang putih yang telah kamu bakar, 2 ruas kencur yang telah kamu kupas dan bakar, 1 ruas jahe yang telah kamu kupas dan bakar.

Langkah-langkah pembuatan olahan ini yaitu daging yang telah kamu potong dan cuci itu campurkan dengan bumbu halus lalu tambahkan minyak dan air secukupnya di atas api sedang sambil diaduk pelan. Tambahkan daun walang, serai, daun salam, lengkuas, gula, dan garam. Masak hingga bumbu meresap. Tambahkan potongan tomat, dan aduk lagi. Jangan lupa icip dulu untuk menyesuaikan bumbunya ya. Setelah dirasa matang, matikan api dan sajikan, deh. Mudah banget! Ehe..

You Might Also Like

0 Comments