Yuk, Ikut Seminar Sejarah Banten seri ke-2!

 


Genks, tradisi lisan merupakan warisan leluhur yang mengandung kearifan lokal, filosofi hidup dan kebijaksanaan yang diturunkan dari satu generasi ke generasi lainnya melalui lisan hingga bisa kita dengar sampai sekarang. Banten memiliki banyak tradisi lisan yang terus dijaga dan dilestarikan hingga sekarang. Sebut saja, Pantun dalam tradisi Masyarakat Adat Baduy dan Kasepuhan Banten Kidul yang dapat kita dengar dan saksikan di waktu-waktu tertentu. Dalam sisi keagamaannya misalnya ada tradisi Maca Syekh dan lain sebagainya. 

Nah, untuk mengenal mengenai tradisi lisan di Banten, yuk ikut Seminar Sejarah Banten seri 2 dengan temanya: "Mengenal Tradisi Lisan di Banten dan Jenis-jenisnya, dalam Upaya Pelestarian Nilai-nilai Luhur Budaya Daerah". Ada dua pembicara yang akan membahas mengenai tema ini yaitu Dr. Helmy F.B Ulumi, M.Hum. (Dosen UIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten), dan Niduparas Erlang (Ketua Asosiasi Tradisi Lisan Banten, Dosen Universitas Pamulang). Selain itu, acara ini juga dimoderatori oleh DC Aryadi (Dosen STKIP Setiabudhi Rangkasbitung) yang sering sekali mengajak mahasiswanya menelusuri tradisi di Lebak. Seru, kan?

Acara yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya dan Museum Negeri Banten, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten dan didukung oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi ini dilaksanakan pada Rabu, 25 Mei 2022, pukul 13.00 s.d. selesai melalui Zoom.

Untuk kamu yang ingin mengikuti acara ini, silakan daftarkan dirimu melalui tautan: bit.ly/daftarSSB2

Sampai jumpa di Museum Negeri Banten, genks.

You Might Also Like

0 Comments