Ini Rangkaian Acara Seba Baduy 2024!

 


Genks! Masyarakat adat suku Baduy bersiap untuk merayakan kembali Seba Baduy, sebuah upacara adat yang diadakan setahun sekali sebagai ungkapan syukur atas hasil pertanian yang melimpah. Seba Baduy menjadi momen penting di mana mereka bersama-sama berjalan kaki untuk mengunjungi kepala daerah, baik Bupati Lebak maupun Gubernur Banten. Tujuan kunjungan tersebut adalah untuk menyerahkan hasil bumi mereka serta melaporkan perkembangan masyarakat Baduy selama setahun kepada pemerintah setempat. Tradisi ini telah lama diterima dengan baik oleh Pemerintah Daerah, yang memberikan dukungan penuh bagi masyarakat Baduy untuk melanjutkan tradisi nenek moyang mereka.

Pemberitahuan resmi pelaksanaan Seba Baduy telah disampaikan oleh masyarakat adat Baduy melalui surat dengan nomor 400.6/16/PEM/2001/V/2024 kepada Pemerintah Kabupaten Lebak. Kepala Desa Kanekes, Saidja, mengungkapkan dalam surat pemberitahuan tersebut bahwa tradisi Seba Baduy akan dilaksanakan pada tanggal 17-19 Mei 2024. Dia memperkirakan partisipasi sekitar 1.500 orang Baduy dalam tradisi ini.

Dilansir dari RRI, rangkaian acara Seba Baduy mencakup penyambutan rombongan, babacakan (makan bersama), ritual sakral Seba Baduy, dialog dengan pemerintah, dan sapeuting jeung (semalam bersama) warga Baduy.

Seba Baduy yang akan diadakan pada Jumat, 17 Mei 2024, memiliki jadwal acara yang telah ditetapkan. Berikut adalah jadwal rangkaian acara Seba Baduy 2024:

Pukul 15.30-15.45: Prosesi penerimaan rombongan Seba, rombongan tiba di Jembatan Keong, di mana Camat Leuwidamar akan menyerahkan kepada Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Lebak.
Pukul 15.45-16.30: Rombongan tiba di Kantor Pemerintah Daerah (Pemda) Lebak. Penyerahan dari Kepala Disbudpar Lebak kepada Sekretaris Daerah (Sekda) Lebak.
Pukul 19.30-selesai: Prosesi ritual Seba termasuk penyerahan hasil bumi masyarakat Baduy dan babacakan (makan bersama).

Tradisi Seba Baduy merupakan ritual wajib bagi masyarakat adat Baduy setiap tahun. Tradisi ini menjadi puncak dari rangkaian tradisi yang ada di Baduy. Dimulai dengan tradisi Kawalu yang dilaksanakan selama 3 bulan, kemudian dilanjutkan dengan tradisi Ngalaksa, yakni pembuatan laksa atau makanan tradisional. 

Setelah menjalani seluruh rangkaian adat, masyarakat Baduy akan melaksanakan tradisi Seba Baduy dengan berjalan kaki dari Desa Kanekes, Kecamatan Leuwidamar, menuju pusat Pemerintahan Kabupaten Lebak di Rangkasbitung. Keesokan harinya, mereka akan melanjutkan perjalanan ke Pemerintah Provinsi Banten di Kota Serang untuk bertemu dengan kepala daerah yang disebut Bapa Gede. Di hadapan kepala daerah, mereka akan menyampaikan pesan-pesan adat bagi kepala daerah.

Acara Seba Baduy dapat disaksikan oleh masyarakat umum. Yuk, menjadi saksi tradisi upacara Seba Baduy 2024!

You Might Also Like

0 Comments