Yuk, Ikut Seminar Sejarah Banten Seri ke-07!



Seminar Sejarah Banten merupakan seri seminar yang diselenggarakan oleh UPTD Taman Budaya dan Museum Negeri Banten, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Banten. Melalui seri seminar bersama para pengkaji dan akademisi yang kompeten di bidangnya baik mengenai sejarah dan budaya Banten ini diharapkan dapat memunculkan Identitas Banten yang sesungguhnya sebagaimana tagline Museum Negeri Banten.

Untuk mengetahui Identitas Banten secara utuh, kita perlu menggali sejarah ke masa yang lebih jauh. Masa sebelum periode Islam dan menerimanya sebagai bagian dari ‘diri’ Banten. Selama ini, kita hanya mengenal Banten dari masa tertentu saja dan membanggakannya. Namun jika menelisik ke masa sebelumnya, kita seperti enggan mengakuinya. Padahal, jauh sebelumnya ada Kerajaan Banten Girang yang terletak di Sempu, Banten Girang--hanya sepelemparan batu dari Pusat Pemerintahan Provinsi Banten.

Para peneliti, arkeolog, banyak yang melakukan penelitian di Banten Girang. Salah satunya, tim Claude Guillot pada tahun 1988-1992. Menurut tafsiran Guillot, Banten Girang merupakan situs pemukiman atau perkotaan. Hal ini berdasarkan temuan struktur pertahanan yang berbentuk parit dan dinding tanah dengan pola yang tidak teratur. Selain itu, masih menurut Guillot situs Banten Girang diprakirakan berasal dari abad ke-10 dan mencapai puncak kejayaan pada abad ke-13 hingga 14 masehi. Hal ini berdasarkan benda-benda yang ditemukan di area Banten Girang di antaranya keramik asing, keramik lokal, pecahan prasasti, benda-benda logam, mata uang, sisa hewan, batu-batuan, manik-manik dan lainnya.

Dalam upaya memelihara ingatan masyarakat Banten pada jejak sejarah, Seminar Sejarah Banten melalui tema Banten Pra-Islam: Kajian Arkeologi di Banten Girang mencoba mengungkap temuan-temuan lain, batas-batas wilayah, letak kerajaan dan hal-hal lainnya terkait Kerajaan Banten Girang dan alasan-alasan kenapa situs penting ini seolah sengaja dikubur. Melalui kegiatan ini, para peserta mampu belajar dari masa lalu untuk menjadi cermin di hari ini dan dapat memotivasi diri untuk memunculkan identitas Banten yang utuh.


Tema: Banten Pra-Islam: Kajian Arkeologi di Banten Girang

Tanggal/Waktu: Rabu, 17 Maret 2021. Pukul 13.30 s.d 15.30 WIB

Pendaftaran: bit.ly/seminarsejarahbanten07

Narasumber: 

- Sonny Chr. Wibisono, M.A., DEA 

(Arkeolog, Pusat Penelitian Arkeologi Nasional)

- Dra. Rusmeijani Setyorini

(Kepala BPCB Banten)

Moderator:

Mia Minhatul Ma'arif (Dosen STKIP Syekh Manshur)


You Might Also Like

0 Comments