Tapa Kota: Melamun Sambil Membangun

by - December 22, 2018



Laboratorium Banten Girang
Mempersembahkan
Diskusi Santai
.
TAPA KOTA | Melamun Sambil Membangun.
.
Rabu, 26 Desember 2018. Situs Banten Girang. Pukul 19.15 WIB s/d Slesai.
.
"Bagaimana sebuah kolektif seni bertahan dan berkembang terutama di kota-kota yang tidak menjadi arus utama dunia seni visual Indonesia?" Pertanyaan ini menjadi pembuka dalam catatan kurator Pekakota Hub yang memuat isu, gagasan, serta strategi bertahan dan mengembangkan diri selama 13 tahun Hysteria bergerak membangun seni untuk kota.

Meskipun pertanyaan tersebut langsung disusul dengan pernyataan, "tentu saja tak bisa dijawab dengan mudah", kurator masih memberikan harapan dengan memaparkan keberlangsungan Kolektif Hysteria dalam 13 tahun terakhir yang menjadi catatan tersendiri untuk menghilangkan kutukan tentang kota lumpia sebagai kuburan seni. 

Hysteria merupakan artis kolektif yang concern pada isu kota, anak muda, dan komunitas. Hysteria menekankan produksi artistic berdasar hasil riset pengetahuan keseharian di masyarakat untuk menumbuhkan ekosistem kebudayaan. Hysteria juga berperan sebagai laboratorium komunitas yang mempunyai kecenderungan kerja lintas disiplin, kesegaran gagasan, maupun praktik-praktik kecil yang laten dan intensif. Melalui platform Pekakota, Hysteria mendorong warga untuk bersama-sama membentuk kota melalui perencanaan dan pembangunan yang partisipatif. 

Pertemuan tak sengaja antara kami dengan Mas Adin Hysteria menghadirkan diskusi seru tentang upaya-upaya membangun ekosistem kebudayaan di kota-kota yang tidak berada pada arus utama dunia seni. Mengingat Serang juga tidak berada pada posisi itu, kami merasa ada suatu koneksi. Seperti cermin yang memantulkan. Ketika berbicara Semarang dulunya seperti berbicara Serang hari ini. Dengan pembangunan yang dirasa tidak mengakar. Malah menjauh dari data-data kesejarahan. Hilangnya bangunan-bangunan bersejarah untuk membangun mall dan ruko-ruko. Berbagai pembangunan sporadis tanpa menghiraukan kerja arkeologis di Banten Girang dan Banten Lama. Kami merasa gagasan-gagasan Hysteria perlu kami hadirkan sebagai salah satu tawaran yang bisa kita diskusikan bersama-sama.

Yang perlu teman-teman ingat, untuk bergabung dalam diskusi ini, kami tidak sedang merencanakan pembangunan gedung-gedung agar berada pada arus utama, tapi kami sedang berusaha membangun ekosistem berdasarkan kekayaan "kota di luar arus" yang kita miliki.

Siti Nuraisyah
Program Manager
Lab. Banten Girang

You May Also Like

0 Comments

Quantcast