Secret Forest: Banyak ‘Keanehan’ di Kejaksaan dan Kepolisian Korea Selatan

by - December 19, 2017



Kalau kamu pasti berpikir drama seri ini tentang peristiwa yang terjadi di hutan, kamu tidak sendirian. Seperti halnya ketika kamu mengikuti kasus E-KTP yang akhirnya membuat Ketua DPR Setya Novanto ditetapkan menjadi tersangka. Itu terjadi karena kita membaca judul lain dari drama ini, Secret Forest atau Stranger. Kita belum membaca sinopsis, bahkan sebagian dari kita belum menonton drama yang disiarkan tvN setiap Sabtu dan Minggu pukul 9 malam ini.
 
Drama seri garapan sutradara Ahn Gil-Ho dengan naskah ditulis oleh Lee Soo-Youn ini ini menambah deretan panjang drama kriminal berlatar kepolisian dan kejaksaan. Tidak sedikit drama bergenre sama yang cenderung lebih banyak ‘ngobrol’ ini sangat membosankan. Tapi, alih-alih membosankan, bagi penyuka cerita detektif,  alur cerita dalam drama ini memiliki kadar membosankan yang sangat minim. Bahkan cenderung tidak membosankan. Drama ini seolah membuat kita tetap berada dalam teka-teki. Karena itu, butuh konsentrasi penuh untuk memahami alur ceritanya. Bagaimana tidak, hingga episode 12, tersangka pembunuhan belum bisa ditebak. 

Setelah ‘dijebak’ di TKP pembunuhan, jaksa Hwang Shi-Mok (Cho Seung-Woo) mulai mencium gelagat aneh di kejaksaan tempatnya bekerja. Apalagi korbannya itu merupakan seseorang yang dicurigainya menyuap banyak orang di instansinya. Bahkan, dia sendiri pernah hendak disuap orang yang dibunuh itu. Di TKP itu pula, Hwang Shi-Mok bertemu dengan seorang letnan, Han Yeo-Jin (Bae Doo-Na) yang mengejarnya saat ia berusaha mencari tersangka kasus pembunuhan itu.
 
Hanya saja, kasus itu kemudian ditangani juniornya, Young Eun-Soo (Shin Hye-Sun), yang pertama kali debut sebagai jaksa penuntut umum. Dengan penuh percaya diri, berbekal rekaman video dari black box taxi yang diparkir di dekat TKP, Eun Soo menuntut si tersangka yang berulang kali menyangkal membunuh dan mengaku hanya mencuri itu. Vonis bersalah pun menjeratnya. Saking putus asanya, si tersangka memutuskan bunuh diri sebagai jawaban atas ketidakbersalahannya. Kejaksaan dan Kepolisian Seoul Selatan gempar. Orang-orang yang pernah terlibat dengan si korban pembunuhan itu mulai kasak-kusuk menyiapkan air untuk cuci tangan.
 
Di sisi lain, kepribadian Jaksa Hwang Shi-Mok yang semasa kecilnya pernah operasi otak dan mempengaruhi kepribadiannya itu bertanya-tanya sendiri, siapa orang yang ‘menjebaknya’ itu? Diam-diam tanpa sepengetahuan rekan-rekannya di kejaksaan, ia kembali ke TKP ditemani Han Yeo-Jin. Keduanya kemudian mencari bukti-bukti terkait kasus itu.
 
Tentu saja, orang-orang yang terlibat juga tidak mau berdiam diri. Segala cara mereka lakukan untuk menggeser posisi Jaksa Hwang Shi-Mok, terutama Jaksa Seo Dong-Jae (Lee Joon-Hyuk) yang selalu merasa tersaingi oleh juniornya itu. Apalagi setelah ia tampil di televisi dan menegaskan bila tersangka yang bunuh diri itu bukan pembunuhnya. Hal itu ia buktikan dengan video yang dijadikan bukti untuk menjeratnya, dalam video itu ia menjelaskan bila orang yang membuka goden dan membukakan pintu pada si tersangka itulah terduga pelakunya.
 
Akibatnya, Hwang Shi-Mok pun dikucilkan oleh rekan-rekannya. Ia dianggap telah mencoreng martabat institusi tempat mereka bekerja. Selain itu, munculnya kasus baru di TKP yang sama dengan korban perempuan yang memiliki hubungan dengan si korban pembunuhan juga memunculkan spekulasi baru. Apalagi ada sidik jari Hwang Shi Mok di pisau yang digunakan untuk menusuk perempuan itu. Ditambah dengan munculnya berita perihal Hwang Shi-Mok. Mulai dari masa kecilnya yang dianggap psiko hingga tanggapan keluarganya.
 
Pihak kepolisian yang sudah mengumpulkan bukti pun bersiap menangkap Hwang Shi-Mok. Namun sebelum berangkat, Han Yeo-Jin mengkonfirmasi jika Hwang Shi-Mok memang pernah melakukan olah TKP menggunakan pisau yang langsung disimpannya lagi di TKP itu.
 
Bae Do Na yang dikenal sebagai aktris pemilih di Korea Selatan itu memang tidak salah memilih bermain di drama ini. Selain Bae Do Na, Shin Hye Sun yang memerankan tokoh Young Eun-Soo anak mantan menteri yang dituduh menerima suap itu juga sangat kuat. Seorang anak yang berusaha membersihkan nama baik ayahnya, sementara ayahnya sendiri tidak mau anaknya dijadikan target oleh orang-orang jahat itu. Belum lagi karakter Lee Joon-Hyuk yang memerankan Seo Dong-Jae dengan karakter cenderung kasar, penjilat dan terbukti menerima suap itu.

You May Also Like

0 komentar

Instagram