Mampir ke Gua Maria Bukit Kanada, Yuk!




Genks! Tahukah kamu, di Rangkasbitung ada destinasi wisata religi yang buka 24 jam, lho! Destinasi wisata ini bernama Gua Maria Bukit Kanada (GMBK) dan lokasinya kurang lebih 3 KM dari Alun-alun Rangkasbitung.

Kata 'Bukit Kanada' merupakan singkatan dari Bunda Kita Kampung Narimbang Dalam. Artinya, nama gua itu menunjukan lokasi gua ini berada.  Berdasarkan informasi, Gua Maria ini dibangun oleh umat Paroki Rangkasbitung dengan bantuan Pimpinan Kongregasi Suster-suster Fransiscan Sukabumi yang tinggal di Rangkasbitung pada tahun 1988. Awal mulanya, gua ini difungsikan untuk tempat beribadah umat Katolik. Namun, seiring berjalannya waktu, GMBK juga menjadi salah satu destinasi religi umat Kristen di Rangkasbitung.

Salah seorang peziarah, Frans mengatakan bahwa berada di GMBK ini membuat dirinya lebih khusyuk saat berdoa. Suasananya yang hening dan asri dengan banyaknya pepohonan besar dan taman bunga yang terjaga, menciptakan rasa nyaman bagi umat yang beribadah di GMBK ini.

"GMBK salah satu Gua Maria terdekat di Jabodetabek. Biasanya saya berdoa malam hari, lebih khidmat, mendekatkan diri dengan Tuhan berdevosi melalui Bunda Maria," ujar Frans kepada detikcom, Minggu (20/2/2022).

Kata Frans, pada awal pembangunan gua ini tidak sebesar sekarang. Saat itu hanya ada bangunan tua, Gua Maria, dan Kapel Santa Maria Lourdes. Sekarang, ada Grotto Kebangkitan, Aula Santo Yosef, jalan Salib besar dan kecil dengan 14 perhentian.

Untuk rute jalan salib besar, pengunjung harus naik-turun tangga melalui hutan. Tidak perlu khawatir tersasar, sebab hanya perlu mengikuti jalan poving blok yang sudah disediakan. Estimasi waktu mengelilingi jalur ini sekitar 30 hingga 45 menit.

Sementara untuk rute jalan salib kecil, pengunjung tidak perlu naik-turun tangga. Rute ini tepat di depan Grotto Kebangkitan. Estimasi waktu mengelilingi jalur ini sekitar 10 menit.

"Tidak diwajibkan semua harus ke jalur panjang, yang mau saja. Kalau memang kondisinya tidak kuat jalan, boleh menggunakan jalur pendek. Yah, lansia yang sudah tidak bisa berjalan jauh bisa pilih jalur pendek saja," sambungnya.

Nah, kalau kamu ingin berkunjung ke GMBK, berikut rute perjalanannya.

1. Kereta

Stasiun Rangkasbitung menyediakan kereta rel listrik (KRL) jurusan Jakarta dengan rute perjalanan Tanah Abang-Rangkasbitung. Waktu tempuh perjalanan dari Tanah Abang ke Rangkasbitung sekitar 2 jam.

Selain itu, stasiun ini juga menyediakan KA Lokal dengan rute perjalanan Merak-Rangkasbitung. Waktu tempuh perjalanan dari Merak ke Rangkasbitung sekitar 2 jam.

2. Angkutan Umum/Ojek Online

Sesampainya di Stasiun Rangkasbitung, pengunjung harus berjalan kaki terlebih dahulu ke jalan Sunan Kalijaga atau arah Pasar Rangkasbitung melalui parkiran stasiun. Di ujung jalan, pilih angkot tujuan Narimbang dan berhenti di GMBK.

Selain naik angkot, pilihan ojek online juga tersedia. Hanya perlu memasukan alamat GMBK di kolom lokasi tujuan, tunggu sebentar dan pengunjung akan langsung diantar oleh pengemudi.

3. Kendaraan Pribadi

Jika menggunakan kendaraan mobil, sekarang tersedia akses Tol Serang-Panimbang keluar melalui pintu Tol Rangkasbitung. Setelah itu, ambil jalur menuju Jalan Ahmad Yani, kemudian menuju kampung Narimbang Dalam. Jika ingin lebih mudah, keluar pintu tol bisa langsung membuka google maps. 

Kamu sudah pernah mampir ke Gua Maria Bukit Kanada ini? Yuk, share pengalamanmu di kolom komentar!

(Fathul Rizkoh/2022)

You Might Also Like

0 Comments