The Villainess: Balas Dendam Berdarah Pada Mantan Kekasih

by - January 12, 2018



Setelah Confession of Murder (2012), ini adalah film garapan sutradara Jung Byung-gil yang sangat keliru bila dilewatkan begitu saja. Bersama dengan penulis naskah Action Boys, Jung Byung Sik, yang juga disutradarainya itu ia menulis naskah film ini.

Film aksi yang digadangkan mirip Kill Bill, Jhon Wick, dan film berbau darah serta pembunuhan lainnya ala Korea ini dipadu dengan drama juga. Aksi Kim Ok-Vin yang jago hapkido dan taekwondo mampu menghidupkan film ini. Sentuhan dramanya juga digarap dengan pas, tidak terlalu mendayu tapi tetap menggugah sesuatu di dalam dada.

Penasaran? Sebelum membaca lebih lanjut tulisan ini, baiknya kamu menonton dulu filmnya. Aku tidak ingin mengganggu imajinasimu. Tapi, kalau malas membuang 2 jam 03 menit waktumu untuk menonton film yang sudah mendapatkan penghargaan 2 kategori Best Cinematography & Lighting dan Best Technical Award di Blue Dragon Film Awards 2017 dan 2 kategori, Best Technical Award dan Best Cinematography di Daejong Film Awards 2017 ini, aku ucapkan selamat membaca.
*
Setelah ayahnya dibunuh, Sook Hee (Kim Ok-Vin) melatih dirinya untuk menjadi seorang pembunuh. Di Yanbian, Cina, di bawah bimbingan seorang preman yang dipanggilnya paman, Joong-Sang (Shin Ha-Kyun) ia giat berlatih. Tujuannya tentu saja untuk membalas dendam pada pembunuh ayahnya. Di samping latihan itu, sebenarnya Sook-Hee memiliki mimpi seperti perempuan pada umumnya: menikah dan membina keluarga dengan bahagia. Ia jatuh cinta pada si paman yang kemudian menikahinya untuk tujuan tertentu yang tidak diketahui oleh Sook-Hee.

Dalam suatu aksinya, Sook-Hee tertangkap. Ia dimasukan ke camp tempat para agen pembunuh dilatih. Agen-agen perempuan ini sengaja disiapkan untuk melenyapkan para pengganggu keamanan. Mau tidak mau, Sook-Hee ikut di dalamnya karena di saat yang sama ia sedang mengandung. Setelah putrinya lahir, Sook-Hee dijanjikan akan bisa menjalani kehidupan normal setelah ia berhasil melakukan satu misi. Sook-Hee pun menyetujuinya meskipun dengan resiko ia terbunuh saat menjalankan misi. Aksi kejar-kejaran pun terjadi antara Sook-Hee dan para anggota geng yang bossnya berhasil dibunuh Sook-Hee.

Sook-Hee pun kemudian keluar dari camp itu bersama putrinya. Salah seorang agen lain, Hyun Soo (Sung Joon) yang sejak lama memperhatikan gerak-geriknya turut ditugaskan di dekatnya. Hyun Soo yang memang mencintai Sook-Hee pun melancarkan aksi pendekatannya hingga akhirnya ia mengajak Sook-Hee menikah. Sook-Hee yang hanya mengetahui bila Hyun Soo adalah seorang duda biasa, mengiyakan ajakan itu.

Saat tiba hari pernikahan, rekan Sook-Hee yang menjadi rivalnya di camp datang. Sook-Hee yang beberapa saat lagi melangsungkan pernikahan pun mendapat misi membunuh seorang boss gengster. Dari toilet gedung resepsi, Sook-Hee menodongkan senjata pembunuh itu. Hanya saja, seseorang yang 'harus' dibunuh itu ternyata Joong Sang. Misi itu pun gagal. 

Kegagalan itu membuat pihak Joong Sang bergerak menyelidikinya. Mau tidak mau, Sook-Hee pun bertemu Joong Sang yang dirindukannya. Meskipun di saat yang sama, ia sudah menikahi Hyun Soo. Dari sebuah rekaman yang dikirim padanya, Sook-Hee akhirnya tahu bila Hyun Soo adalah agen juga. Sook-Hee yang kalap kemudian ditangkap dan hendak dibawa ke markas. Hanya saja diperjalanan, seseorang membebaskannya. Ia pun bergerak pulang untuk menyelamatkan putrinya. Tapi, di depan matanya Hyun Soo dan putrinya jatuh dari apartemen bersamaan dengan meledaknya apartemen mereka. 

Sook-Hee makin kalap. Ia mendatangi markas. Oleh ketua timnya ia kemudian diperlihatkan keseluruhan video yang menyebabkan kedua orang yang dicintainya itu terbunuh. Ia juga diberitahu bila Hyun Soo memang benar-benar mencintainya. Dengan hati hancur, Sook Hee kemudian mencari pelaku dan membunuh hampir seluruh orang yang semula sedang transaksi batu mulia itu.

Dalam pengejaran, Sook-Hee bertemu dengan Joong Sang. Seseorang yang dicintainya itu mengaku masih sangat mencintainya. Tapi, cinta saja tidak cukup karena Joong Sanglah yang telah membunuh ayah Sook-Hee. Joong Sang mengatakan, saat itulah kesempatan Sook Hee membalas dendam yang selama ini ia pendam. Antara tidak percaya, sedih, dan marah, Sook Hee pun mengatakan ia akan melakukannya seperti bagaimana ia dilatih oleh Joong Sang. Pertarungan pun terjadi hingga terdengar sirine polisi. Anak buah Joong Sang pun menariknya untuk kabur ke bus.

Sook-Hee yang sudah kadung marah terus mengejar dan berhasil masuk bus. Di bus, pertarungan dilanjutkan. Darah terciprat, orang-orang sekarat. Itu hanya sedikit gambaran situasi di dalam bus hingga tiba kembali giliran pertarungan Sook-Hee dengan Joong Sang. Sook-Hee yang terdesak melakukan berbagai cara untuk mengalahkan Joong Sang. Termasuk, menebas tangan supir bus hingga terjadi kecelakaan. Sook-Hee yang masih sadar kemudian bangun dengan kapak di tangan. Sementara Joong Sang yang sudah kepayahan tampak memasrahkan dirinya untuk dibunuh Sook-Hee. Meskipun Sook-Hee ragu. Tapi, mendengar siulan yang menjadi mimpi buruk Sook Hee dari mulut Joong Sang, tangan Sook-Hee pun sigap menebas Joong Sang.
  *
Mengerikan sekali, kan? Darah-darahnya itu yang nggak nahan. Tapi dramanya bikin mewek juga, sih. Paling sedih adalah bagian Hyun-Soo yang mengatakan bahwa ia ingin menghapus tragedi berdarah dalam hidup Sook-Hee dengan mencintainya. Meskipun sudah diwanti-wanti untuk tidak melakukan pernikahan itu. Selain itu, peristiwa di camp itu juga menarik. Rekruitment agen yang tidak biasa sepertinya. Karena masing-masing dari para calon agen pembunuh itu memilih peran atau keahlian yang umum untuk bisa berbaur di masyarakat. Ada yang berlatih balet, rias, masak, aktris teater dan lain sebagainya. Yah, bisa dibilang, ini salah satu film Asia terbaik sepanjang minggu pertama Januari 2018 yang aku tonton.

DETAIL

Genre: Action, Drama
Sutradara: Jung Byung-gil
Rilis: 08 Juni 2017
Durasi: 2 jam 03 menit
Rating: 6.4 IMDb
Negara: Korea Selatan

Pemeran:
Kim Ok-Vin sebagai Sook Hee
Shin Ha-Kyung sebagai Joong Sang
Jung Soon sebagai Hyun Soo
Kim Seo-Hyun sebagai Ketua Kwon-Sook
Jo Eun-Ji sebagai Kim-Sun
Kim Yun-Woo sebagai Eun-Hye
Lee Seung-Joo sebagai Choon-Mo
Jung Hae-Kyun sebagai Jang Chun
Son Min-Ji sebagai Min Joo
Min Ye-Ji sebagai Sook Hee (muda)
Park Chul-Min sebagai ayahnya Sook Hee
dan lain sebagainya

You May Also Like

0 komentar

Instagram