Google Merayakan Hari ke-120 Sergei Eisenstein, Siapa Dia?

by - January 22, 2018


Google hari ini sedang merayakan ulang tahun ke-120 Sergei Eisenstein. Dari gambar yang ditampilkan Google hari ini, kamu pasti sudah bisa menebak, siapa Sergei Eisenstein itu. Iya, dia adalah sutradara film Rusia pelopor dalam teknik montase yang terkenal dengan film-film bisunya. Sebut saja Battleship Potemkin (1925), Strike (1925), October (1928) dan film lainnya yaitu Alexander Nevsky (1938), Ivan the Terrible (1944, 1958).

Sergei lahir dari keluarga kelas menengah yang berasal dari Riga, Latvia bagian dari kekaisaran Rusia di Provinsi Livonia. Ayah Mikhail Eisenstein seorang arsitek dan ibunya Julia Eisenstein adalah putri seorang pedagang yang makmur. Mereka sering berpindah-pindah dan kebiasaan ini terus dilakukan Eisenstein hingga akhir hayatnya. Eisenstein dibawa ibunya meninggalkan Riga pada tahun yang sama dengan Revolusi Rusia (1905) dan hidup di St. Petersburg. Mikhail menyusul kemudian di tahun 1910. Namun, perceraian membuat ibunya kemudian pindah ke Prancis.

Nah, berikut 5 hal yang harus kamu ketahui mengenai Sergei Eisenstein.

1. Pandangan Politik Berbeda dengan Ayahnya

Seperti profesi ayahnya, Sergei belajar arsitektur dan teknik di Instutut Teknik Sipil Petrograd hingga ia kemudian meninggalkan sekolah dan bergabung dengan Tentara Merah (1918) untuk Revolusi Bolshevik. Sementara ayahnya mendukung pihak lawan. Hal ini yang kemudian membuat ayahnya pergi ke Jerman setelah kekalahan pemerintah Tsar. Sementara Sergei pergi ke Petrograd, Vologda, dan Dvinsk.

2. Teater Kabuki Jepang Mempengaruhinya
Sukses dengan propaganda Revolusi Oktober, tahun 1920 Sergei dipindahkan ke posisi komandi di Minsk. Di tahun yang sama ia berkenalan dengan teater Kabuki dan mulai belajar bahasa Jepang dan mempelajari 300 karakter kanji yang kemudian ia sebut sangat mempengaruhi perkembangan gambarnya.

3. Dari Teater ke Film

Sergei pindah ke Moskow tahun 1920 dan mulai berkarir di bidang teater bersama Proletkult dan memproduksi teater berjudul Gas Masks, Listen Moscow dan Wiseman. Setelahnya, ia bergabung dengan Vsevolod Meyerhold dan bekerja sebagai perancang. Hingga pada tahun 1923, Eisenstein memulai karirnya sebagai seorang ahli teori dengan menulis The Montage of Attractions for LEF. Film pertamanya Glumov's Diary, garapan yang sama dengan produksi teater Wiseman). Sementara film panjang pertamanya, Strike (1925). Film lainnya, Potemkin Battleship (1925) berhasil membuatnya dikenal di seluruh dunia. Penghargaan kritis internasionalnya inilah yang membuatnya menyutradarai October (Sepuluh Hari yang Mengguncang Dunia) sebagai bagian dari perayaan ulang tahun kesepuluh Revolusi Oktober (1917).

4. Tur Eropa dan Proyek Film

Eisenstein meninggalkan Soviet pada musim gugur tahun 1928 ditemani Grigori Aleksandrov dan sinematografer Eduard Tissé. Selain belajar mengenai gambar dan suara, dalam perjalanan itu juga Eisenstein dan rekannya mempresentasikan seniman Soviet kepada kapitalis Barat. Selama 2 tahun, Eisenstein banyak berceramah di Berlin, Zürich, London, dan Paris. Di Swiss tahun 1929, mereka kemudian memproduksi film dokumenter mengenai aborsi dan disutradarai oleh Tissé dengan judul  Frauennot - Frauenglück. Proyek film Amrika pertamanya lahir pada April 1930 bersama Paramount Pictures dan membuat Eisenstein berkesempatan memproduksi film Amerika lainnya. Kontrak jangka pendek senilai $ 100.000 datang pada 1930 dan membuatnya terlibat di Hollywood bersama Aleksandrov dan Tissé. Proyek-proyek film pun berdatangan selama ia bersama Paramount. Tentu saja, perjalanannya ini tidak selalu mulus. Sebab pada 23 Oktober 1930, kontrak dengan Paramount batal secara hukum dan Eisenstein harus menghadapai kenyataan kembali ke Moskow.

5. Dari Serangan Teori, Charlie Caplin dan Proyek Film Meksiko
Kepulangannya ke Moskow pada tahun itu dianggap sebagai kegagalan. Selain itu, industri film Soviet juga sedang gonjang-ganjing masalah film suara dan film tanpa suaranya. Teknik dan teorinya diserang sebagai kegagalan ideologis dan contoh utama formalisme. Tapi di sisi lain, banyak juga artikel teoretisnya yang digunakan sebagai kurikulum di sekolah film di seluruh dunia. Eisenstein dan rekannya banyak menghabiskan waktu dengan Charlie Chaplin. Charlie merekomendasikannya bertemu dengan dermawan yang bersimpati padanya, seorang penulis sosialis Amerika Upton Sinclair. Bersama istri Sinclair, Mary Craig Kimbrough Sinclair dan investor lainnya, mereka memulai proyek film pertama di Meksiko berjudul Mexico Trust. Di Meksiko, Eisenstein juga memproduksi film lainnya.


You May Also Like

0 komentar

Instagram