7 Hal Ini Setiap Hari Dilakukan Orang Bermental Kuat

by - January 02, 2018



Percaya nggak kalau setiap orang tidak dilahirkan memiliki kekuatan fisik, sekaligus kekuatan mental? Fisik yang diolah bisa bikin kamu kuat kayak babang binaragawan. Nah, sama kayak kekuatan fisik, mental juga harus diolah setiap hari oleh masing-masing individu. Orang-orang yang memiliki kekuatan mental ini, selain bisa menghindari hal-hal yang bisa menahan langkah mereka, juga bisa membuat kesehatan mental mereka semakin kuat. Mau tahu apa yang setiap hari dilakukan oleh orang-orang bermental kuat untuk memperkuat otot mental mereka?

1. Orang yang Kuat Mental Itu Bijak.
Setiap hari, mental kita mudah sekali mendapat gangguan. Mulai dari tugas sekolah, kuliah, diputusin pacar dan pacar nggak ada kabar. Bete seharian, kan? Selain masalah, hal-hal yang tidak produktif kayak nonton tv, dan nongkrong lama-lama di café sambil main gadget tanpa tahu apa yang dilakukan juga termasuk gangguan. Kalau orang bermental kuat, biasanya menyalurkan energi mereka dengan hati-hati. Mereka selalu berusaha memaksimalkan keberadaannya untuk hal-hal yang penting saja. Karena itu mereka mudah mencapai tujuan mereka.

2. Membingkai Ulang Pikiran Negatif

Sebagai makhluk penghuni dunia, kadang-kadang kita memiliki pikiran negatif.  Nah, beda kalau orang yang bermental kuat. Mereka tidak akan membiarkan pikiran-pikiran negatif itu menahan dan menjatuhkan mereka. Sebaliknya, mereka menanggapi prediksi pesimis dan kritik yang keras dengan dialog batin yang lebih produktif. Jangan salah, berbicara pada sendiri itu bisa memotivasi kita juga. Orang bermental kuat juga melakukannya, lho. Mereka bicara pada diri sendiri seperti seorang teman terpercaya atau pelatih yang selalu membantunya.

3. Bekerja Menuju Tujuan
Orang bermental kuat itu selalu menetapkan tujuan pribadi dan profesional dengan jelas. Mereka juga memberi makna pada setiap tujuannya itu. Mereka cenderung tidak mudah puas dan tetap menjaga tujuan jangka panjang dalam pikirannya. Kalau ada rintangan, mereka melihat rintangan itu sebagai tantangan dan bukan hambatan untuk keberhasilan mereka.

4. Merenungkan Kemajuan Yang Dicapai Hari ini
Setiap hari, orang bermental kuat suka merenungkan langkah menuju ke tujuan mereka. Mereka juga suka menyisihkan waktu untuk intropeksi diri dan dengan rendah hati mereka mengakui jika ada yang perlu diperbaiki. Tidak hanya itu, mereka juga menahan diri tidak terus menyalahkan diri atas kesalahan di masa lalu. Sebab, mereka selalu berusaha menjadi orang lebih baik setiap harinya. 

5. Mentolerir Ketidaknyamanan untuk Tujuan Besar
Orang lain mungkin akan menghindari berbagai jenis kesusahan. Lainnya, mungkin berusaha untuk menahan rasa sakit untuk membuktikan bahwa mereka kesulitan. Tapi, orang bermental kuat selalu mentolelir ketidaknyamanan untuk tujuan yang lebih besar. Mereka bisa saja berolah raga ketika mereka sedang lelah, atau berpidato di depan umum ketika mereka merasa takut. Intinya, orang bermental kuat ini selalu menggunakan rasa sakit mereka untuk menjadi lebih baik.

6. Mempraktekan Rasa Syukur
Kamu nggak bakal bisa menjadi yang terbaik kalau kamu nggak bersikeras menunjukan bahwa kamu layak menjadi lebih baik, dude. Orang bermental kuat itu selalu mengakui bahwa mereka memiliki segala yang dibutuhkan. Mereka juga mensyukuri segala keberuntungan dan selalu mengucapkan terima kasih atas semua hal, baik yang besar maupun yang kecil. So, bersyukurlah.

7. Memiliki Saldo Emosi dengan Logika
Orang bermental kuat tahu, perasaan memainkan peran utama dalam setiap persepsi dan perilaku. Nah, mereka selalu memperhatikan bagaimana emosi yang dikeluarkan itu dapat mempengaruhi suatu penilaian. Mereka juga akan sangat hati-hati menyeimbangkan emosi dengan logika sehingga mereka dapat membuat keputusan yang terbaik.



You May Also Like

0 komentar

Instagram