5 Destinasi Air Terjun Terbaik di Kabupaten Serang

by - December 17, 2017

katabanten.com

Kalau ngomongin tempat wisata, Kabupaten Serang memiliki banyak sekali tempat wisata. Mulai dari destinasi pantai, maupun yang berhubungan dengan alamnya. Berwisata di kabupaten yang terbagi menjadi 28 Kecamatan dan 246 kelurahan ini bisa sambil mengakrabi penduduknya yang ramah, kulinernya, selain bisa juga mengakrabi alamnya.
Nah, ada 5 tempat wisata di Kabupaten Serang ini yang bisa menjadi pilihanmu untuk liburan. Yuk simak ulasannya di bawah ini.

1. Curug Sigeung

Kalau ngomongin soal wisata air terjun, Ciomas adalah surganya. Curug yang satu ini juga berada di wilayah yang terkenal dengan goloknya itu. Tepatnya di desa pemekaran dari Desa Siketug yaitu Desa Cisitu. Dari laporan bantenurban.com (22 November 2016), Curug ini belum banyak yang tahu keberadaannya dan merupakan salah satu curug yang masuk ke dalam Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidanau. Padahal, letak curug ini dari Kantor Desa Cisitu kurang lebih 2 KM saja. Alasan tidak terjamah tidak lain dan tidak bukan, jalan menuju ke sana masih terjal dan belum ada jalan khusus. Bahkan ada jalan yang kemiringannya sampai 40 derajat. Tapi, ini tentu menjadi surga buat para traveler yang menyukai secret treasure seperti ini. Di lokasi ini ada 4 curug dengan ketinggian masing-masing 15 meter, 10 meter, 15 meter dan 25 meter. Aliran airnya juga tidak membentuk sungai seperti curug lainnya. Air yang tercurah itu seolah menghilang diserap tanah. Ajaib, kan? Karena belum banyak yang tahu, jadi segala sesuatu yang kamu butuhkan harus disediakan sendiri, ya.

2.  Curug Bhumi

Tempat wisata curug lainnya yaitu Curug Bhumi atau Curug Leuwi Bhumi di Padarincang, Kabupaten Serang. Di lokasi ini memiliki beberapa air terjun kecil yang ketinggiannya kurang lebih 3-5 meter saja. Airnya tentu saja jernih. Selain itu pemandangan di sekitarnya juga indah. Di curug ini kamu bisa bermain cliff diving alias terjun bebas dari tebing ke air yang jernih itu. Tapi, jaga keselamatan sendiri ya. Lokasi curug ini tersembunyi, jadi kamu harus ekstra mencari. Eh, tapi tenang. Curug ini sudah dikenal penduduk, kok. Kamu hanya harus berjalan kaki saja melewati perkebunan warga dan menyeberang sungai serta medan yang cukup ekstrim. Berbeda dengan Curug Sigeung, di lokasi ini sudah tersedia fasilitas. Mulai dari area parkir kendaraan, mushola, kamar mandi, tempat istirahat, serta fasilitas lainnya. Walaupun begitu, disarankan untuk membawa perbekalan dan kotak kesehatan. Karena kamera sih sudah pasti tidak akan ketinggalan.

3. Curug Tomo

Wisata curug lainnya yaitu Curug Tomo atau Curug Leuwi Tomo. Sama halnya dengan Curug Bhumi, Curug Tomo ini sudah menjadi tempat favorit pecinta destinasi air terjun. Lokasinya berada di wilayah Desa Cidahu, Padarincang, Kabupaten Serang. Lokasinya tidak seberapa jauh dari lokasi hutan air tawar terluas di Pulau Jawa, Cagar Alam Rawa Danau dan curug ini juga masuk ke Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidanau. Untuk menuju curug ini, kamu bisa menitipkan kendaraan pribadimu di rumah penduduk di Cidahu dan dilanjutkan dengan berjalan kaki selama 30 menit ke lokasi. Jalan berliku yang terjal, sungai dan pemandangan di sekitarnya bisa mengalihkan kelelahan dalam perjalanan. Ketinggian air terjun di lokasi ini kurang dari 5 meter dengan air jernih yang bisa menjadi tempat berenang dan aktivitas lainnya. Kalau berfoto sih tidak perlu diingatkan lagi kan, ya?

4. Curug Gumawang

Masih di Kecamatan Padarincang, ada Curug Gumawang. Tepatnya di Desa Kadu Pereum, Kecamatan Pandarincang, Kabupaten Serang. Untuk memasuki destinasi wisata ini, kamu harus mengeluarkan uang untuk tiket kurang lebi Rp. 2.500 dan parkir Rp. 3000. Tapi, harga yang dibayar untuk masuk ke tempat ini sebanding dengan pemandangan alamnya. Kalau kamu suka outbound, camping dan panjat tebing. Lokasi ini paket combo buatmu. Tapi, jangan lupa memakai peralatan keselamatan diri, ya. Curug yang namanya berasal dari bahasa Sunda yang artinya bawang ini memiliki ketinggian 40 meter. Airnya berasal dari mata air yang berada di Gunung Buntu dan menjadi salah satu kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Cidanau juga.  Mau explore ke sana? Bisa saja. Asal jangan lupa ajak penduduk lokal untuk guide perjalananmu.

Nah, ini khusus buat kamu para jomblo dengan gebetannya, atau sepasang kekasih yang salah satunya ngebet buat melanjutkan ke jenjang pernikahan, ada mitos yang menguntungkan untuk kalian bila mengunjungi curug ini. Konon, kalau sepasang kekasih datang ke Curug Gumawang, maka dipastikan mereka akan menikah. Gimana? Mendingan buruan ajak deh mandi di sini.

Selain itu, Curug ini juga dipercaya bisa menyembuhkan berbagai macam penyakit. Mudah-mudahan bisa menyembuhkan penyakit dompet kosong juga, ya. Hiks.

5. Curug Lawang
Lokasi air terjun ini belum banyak yang mengetahui keberadaannya. Selain penduduk lokal, tentu saja. Letaknya memang agak jauh di dalam hutan, sehingga kamu harus benar-benar cari orang yang bisa mengantar. Siapkan perbekalan yang kamu butuhkan, terutama makanan dan pakaian ganti. Akses masuknya bisa dari Jl. Raya Karang Bolong, Kp. Ciparay, Desa Sindanglaya, Kecamatan Cinangka Kabupaten Serang.


Pikirkan secara matang perjalanan liburanmu untuk bisa mengunjungi kelima destinasi wisata air terjun di Kabupaten Serang ini. Dijamin kebahagiaanmu penuh sekali. Selamat berlibur.

You May Also Like

0 komentar

Instagram