Menonton Bahasa Tubuh "Hope"

by - March 08, 2015



Sudah lama tidak menangis, akhirnya menangis juga saat menonton film karya Lee Jun Ik ini. Film yang mengangkat tema kekerasan terhadap anak di bawah umur ini menjadi pemenang Best Film di (34rd) Blue Dragon Film Awards pada 2013 lalu. Film yang didedikasikan untuk kasus-kasus kekerasan fisik dan seksual di dunia, khususnya yang terjadi pada anak-anak di bawah umur ini benar-benar berhasil membobol tanggul mata saya, bahkan sejak awal. Tepatnya, mulai dari So Won (Lee Re) yang berjalan sendirian ke sekolah karena ditinggalkan kawan-kawannya, hingga akhirnya ia bertemu penjahat itu. Lalu, ayahnya Dong Hoon (Sol Kyung-Gu) dan ibunya Min Hee (Uhm Ji Won) menerima kabar bahwa putrinya mengalami kejadian mengerikan itu.            
             So Won, selain melihat gambaran luka fisiknya saja. Saya juga tidak bisa membayangkan dan hanya bisa ikut (oke ini lebay), menangis melihat kekalutan ayah dan ibunya So Won. Lalu, ikut gemas ketika para wartawan berusaha mengambil gambar So Won saat seharusnya ia diberi pengobatan ekstra untuk penyembuhan fisik dan psikisnya. Dan menangis lumayan keras (lebay, ya? Haha), saat So Won menolak ayahnya untuk mengganti pakaiannya. Di mata kecilnya itu ada si penjahat. Bisa dibayangkan betapa traumanya ia. 
Salah satu scene yang menguras air mata saya.
Sungguh saya tidak bisa membayangkan kejadian paling buruk apa saja yang menimpa
          Selain digambarkan proses hukum dari kasus itu, Hope sebenarnya lebih memperlihatkan proses menanggulangi syok pasca trauma dan tahapan-tahapannya.  Dalam hal ini, peran keluarga sangat besar. Bukan hanya itu, orang-orang di lingkungan tempat tinggal korban, teman-teman sekolahnya, semuanya ikut membantu proses penyembuhan So Won
         Simpulannya, yang patut diacungi 4 jempol di sini adalah para aktor dan aktrisnya. Mereka total memerankan peran masing-masing. Khususnya Sol Kyung-Gu yang memerankan sosok ayah, dan Uhm Ji Won yang memerankan sosok ibu. Akting keduanya benar-benar membantu saya memahami apa yang terjadi dalam film ini. Karena itu, penampilan Uhm Ji Won yang memukai dalam film ini diganjar dengan Best Actress di (33rd) Korean Association of Film Critics Awads 2013, dan Ra Mi Ran yang berperan sebagai teman Min Hee yang selalu berada di sampingnya dalam keadaan sulit itu pun turut meraih Best Suporting Actress di (34rd) Blue Dragon Film Awards 2013.
        Cham, pesan saya, jika tidak ada tisu, belilah dulu. :D

Details
  • Judul: Hope / Wish / So Won
  • Director: Lee Joon Ik
  • Writer: Kim Ji Hye, Jo Joong Hoon
  • Rilis: 2 Oktober 2013
  • Genre: Drama / Family / Crime
  • Distributor: Lotte Entertainment
 

You May Also Like

0 komentar

Instagram