2nd Annual Gifts From Viki.com

by - December 07, 2013

Has come; 2nd annual gift from viki.com
Hari ini, seseorang memberitahu bila ada sebuah paket untuk saya. Paket? Saya kira, itu sebuah buku yang saya menangkan dalam kuis yang diadakan Majelis Sastra Bandung. Tapi, saat saya melihat pengirim; viki.inc, saya langsung menjerit; ini dia! Dengan semangat, saya langsung membuka amplop cokelat itu.
       Dan....
       Jreeengg!
     Ada sticker, kartu ucapan dari tim viki; Mariko, Carly, Stephanie, Anaheli, Brittany, Victoria, gantungan kunci, juga--ini yang membuat saya merasa akan sangat keren bila memakainya--ada tote bag. Wah! Tahun lalu, kaos, sekarang lebih ramai! Hehe..
   Mungkin bagimu ini hadiah tidak seberapa, tapi bagi saya ini sangat berharga. Saya menganggap ini apresiasi dari viki.com untuk semua qualified contributor atau 'volunteer yang rajin' untuk melakukan pekerjaan dalam konten-konten yang disediakan; subbing, segmenting, managing, dll. Menyenangkan sekali.
      Saya sebenarnya tidak seaktif dahulu, hanya kadang-kadang saja saya mampir. Saat koneksi internet sedang kencang saja. Tahu sendiri, dong, bagaimana leletnya koneksi internet dari beberapa provider di sini? Streaming adalah hal tersulit untuk beberapa provider yang pernah saya gunakan. Tidak usah saya sebutkan providernya, kan? Satu hal yang penting adalah koneksi internet. Nah, yang lainnya, mungkin karena saya kurang bisa bertanggung jawab, misalnya menjadi manager konten. Manager ini memang bukan ditunjuk seseorang tapi lebih kepada; kamu siap atau tidak. Nah, saya salah satu volunteer yang tidak siap. Walaupun beberapa kali, saya pernah ditawari. Tapi, saya masih takut untuk melakukannya. Misalnya menjadi manager untuk film/drama Indonesia. Takut salah, takut tidak mendapat lisensi dari PH yang memproduksi filmnya, dan lainnya. Biasanya viki.com bekerjasama dengan PH yang bersangkutan, untuk menayangkan film/drama yang telah diproduksi PH tersebut. Misalnya saja, drama-drama Korea yang sedang tayang itu. Mereka mendapat lisensi penayangan. Setahu saya cara kerjanya begitu. :-)
    Akhirnya, ya, yang gampang saja; membantu 'subbing' atau membuat subtitle. Ini pekerjaan yang lumayan mudah. Tapi, butuh kehati-hatian juga. Saya tidak ingin subtitle yang saya buat tidak mencerminkan bahasa negara saya; Indonesia. Jadi, saya meminimalisir menggunakan bahasa-bahasa tidak baku. Mungkin ini dikarenakan saya terlalu mengingat misi saya bergabung di viki.com, yakni mempelajari bahasa negara lain. Sehingga, saya tidak ingin menyesatkan orang yang ingin mempelajari bahasa Indonesia. Itu saja, sih. Dan tentu saja, ada beberapa juga yang menggunakan bahasa informal seperti yang digunakan dalam filmnya. Ini sih, disesuaikan dengan pemahaman kita juga dalam bahasa asli di film/drama itu. Aktor/aktrisnya menggunakan bahasa formal/informal.
    Menerjemahkannya dari bahasa asli film ke bahasa Indonesia? Kalau kamu sudah mengerti bahasa asli film itu, kamu bisa menerjemahkannya sesuai pengetahuanmu. Jika belum, kamu tinggal menerjemahkan dari bahasa Inggris saja. Setidaknya, mereka yang bekerja di tim bahasa asli film (misalnya Korea)-Inggris, sudah sangat paham. Jadi, percayakan pada mereka saja.
    Oh, ya, tadi pun ada yang bertanya mengenai cara bergabung di viki.com, sehingga bisa mendapat hadiah akhir tahun seperti yang saya dapatkan. Gampang sekali. Kamu tinggal buka situsnya; viki.com, registrasi, dan mulailah kerja rodi. Maksud saya, rajinlah subbing, segmenting/timer, managing. Karena apa yang kamu kerjakan dicatat oleh situs ini. Hingga ke batas tertentu, viki.com akan mengangkatmu sebagai qualified contributor. Setelah itu, tunggu saja admin viki.com mengirimkan form hadiah akhir tahun. Atau hadiah lainnya. Misalnya, tiket gratis untuk konser atau menghadiri acara entertainment lainnya. Diambil atau tidak, itu pilihan kamu. Tapi, saat saya ditawari, saya tidak mengambilnya. Tahu kenapa? Saat membuka pesan, waktunya sudah terlewat. Itu menyedihkan. Karena itu, rajin-rajinlah berkunjung ke sana. :-)
     Oke, tidak harus menyesali yang sudah terjadi, bukan? Saya selalu bersyukur bahwa mereka; tim viki.com, mendapat ide untuk memberikan hadiah pada volunteernya. Iya, memang, bila mengingat peringkat old-school yang diberi viki.com karena saya bergabung tahun 2010, tim viki baru 2 kali mengirim hadiah yaitu 2012 dan 2013. Tapi setidaknya mereka melakukannya. Setidaknya juga, this gift as a sign of kinship in viki.com. Dan saya harus berterima kasih pada tim viki.com karena hal ini. Thank you for watching and caring your volunteers as a family. :-)

With love,

@NyimasK

You May Also Like

0 komentar

Instagram