Lomba Menulis “Cinta Matiku Indonesia” Mozaik Indie Publisher (DL: 30 Juni 2013)

by - May 14, 2013




Indonesia, sebuah negeri dengan kebudaya an yang indah dan penuh pesona.  Terdiri dari 34 provinsi, begitu banyak aneka ragam kebudayaan daerah yang patut kita banggakan dan jaga kelestariannya. Namun sayangnya, sekarang ini kebanyakan dari generasi muda kita lebih bangga meniru-niru budaya asing yang belum tentu sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa kita.
Ironisnya, ketika ada bangsa lain yang mengklaim budaya Indonesia, kita dengan membabi buta menghujatnya habis-habisan. Tanpa sadar bahwa itu semua terjadi karena kita sendiri telah menelantarkan budaya Indonesia.
Berangkat dari fenomena di atas, Mozaik Indie Publisher menantang kalian semua untuk mengikuti audisi menulis cerpen bertema budaya yang kami namakan: CINTA MATIKU INDONESIA.
Adapun ketentuan audisinya sebagai berikut:
Syarat Pendaftaran
Peserta terbuka bagi siapa saja yang telah berteman dengan Mozaik Indie Publisher.
Like Fanpage Mozaik dan follow twitter Mozaik: @MozaikIndie
Setiap peserta hanya berhak mengajukan satu tulisan terbaiknya.
Sebarluaskan info event ini melalui dua cara yang bisa kamu pilih:
Jika lewat note FB, maka kamu harus mentag minimal 20 teman dan akun FB Mozaik Indie Publisher.
Jika lewat blog, maka kamu harus publish blogmu di twitter dengan format: Audisi #CintaMatikuIndonesia[link blogmu] mention: @MozaikIndie
Syarat Naskah Cerpen
Menulis sesuai dengan ketentuan panitia yaitu mengangkat salah satu budaya Indonesia menjadi tema utama ceritamu. Namun kalian tetap dibebaskan untuk menuliskannya menjadi berbagai macam genre mulai dari romance, komedi, thriller hingga misteri.
Sebagai referensi kalian bisa membaca karya fiksi yang bertema budaya di bawah ini:
  • Sitti Nurbaya karya Marah Rusli
  • Ronggeng Dukuh Paruk karya Ahmad Tohari
  • Para Priyayi oleh Umar Kayam
  • Dwilogi Padang Bulan karya Andrea Hirata
  • Kronik Betawi karya Ratih Kumala
Naskah ditulis dalam bahasa Indonesia yang literer (indah, menarik, mengalir) serta komunikatif. Diperbolehkan menggunakan bahasa daerah asalkan diberi keterangan arti katanya dalam Bahasa Indonesia.
Naskah yang dilombakan harus asli (bukan saduran atau plagiat) dan belum pernah dipublikasikan serta tidak sedang dikirimkan ke media manapun.
Naskah ditulis di kertas A4, diketik dengan spasi 1,5, font TNR 11, margin standart, panjang naskah antara 4 – 8 halaman.
Tulisan tidak mendiskreditkan kelompok tertentu terkait isu SARA, melanggar kesusilaan dan pornografi.
Kirim naskahmu ke email: audisicmi@gmail.com dengan subject: Judul Cerpen_Nama Pengarang. Jangan lupa sertakan biodata narasi maksimal 1 paragraf di akhir naskah. DEADLINE : 30 JUNI 2013. (Diperpanjang jika naskah belum memenuhi kuota)
Penilaian penulisan sesuai dengan kriteria yang ditentukan panitia. Kriteria penilaian akan melihat beberapa indikator, diantaranya:
Komponen Penilaian
Judul Cerpen: Relevansi Dengan Tema
Perwatakan: Kekuatan Karakter Dengan Penokohan Cerita
Penyajian Alur Cerita: Konflik Yang mengejutkan dan Alur yang Susah Ditebak, Ending Cerita
Diksi Dan pilihan Kata: Pemilihan Dan Penggunaan Kosakata Dalam Menyajikan Alur Cerita Dan Dialog
Pesan dan isi Cerita: Tema Budaya harus menjadi ide utama bukan sekedar tempelan. Pesan Moral dan Sosial yang tersirat dari cerita
Ketentuan Penulisan: Kesesuaian terhadap aturan penulisan yang ditetapkan panitia.
Akan kami pilih 25 naskah terbaik akan dibukukan dengan naskah Mr.Moz.  Karena ini diterbitkan secara indie, maka kontributor tidak akan diberikan royalti namun akan mendapatkan diskon 20 persen jika membeli bukunya sendiri.
Jika naskah-naskah yang terpilih mempunyai nilai jual yang tinggi maka akan kami coba ajukan ke investor untuk diterbitkan secara major dan tentunya semua kontributor akan mendapatkan royalti. Oleh karena itu keluarkan kemampuan terbaikmu yaa!!
Ayo ekspresikan rasa cintamu pada tanah air dan budaya Indonesia melalui Audisi CINTA MATIKU INDONESIA..!!
Please, feel free to copy paste and share to everyone
Sumber: mozaikindie.wordpress.com 

You May Also Like

0 komentar

Instagram