Bem Unair:Lomba Esai Kritis Mahasiswa Tingkat Nasional 2012

by - August 26, 2012


  KEMENTERIAN KEBIJAKAN PUBLIK BADAN EKSEKUTIF MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA
PANDUAN PENJELASAN LOMBA ESAI KRITIS MAHASISWA TINGKAT NASIONAL
A. LATAR BELAKANG.
Badan Eksekutif Mahasiswa Universitas Airlangga (BEM UNAIR) sebagai salah satu gelanggang pergerakan mahasiswa di Jawa Timur dan Indonesia. Mempunyai visi dan misi dalam rangka mendukung sinergisitas pergerakan mahasiswa di tingkat nasional. Bersama badan eksekutif lainnya di tataran
nasional, sinergisitas dalam pergerakan mahasiswa perlu ditata agar kedepannya mampu menjadikan gerakan moral yang bermanfaat untuk kemajuan dan perkembangan bangsa dan negara Indonesia. Berangkat dari tanggung jawab tersebut, BEM UNAIR selain melakukan pergerakan ekstra parlementer sebagai mitra kritis pemerintah di Jawa Timur dan Nasional. Juga melakukan gerakan yang bertumpu pada nilai-nilai intelektual dan akademis kooperatif. Serta turut aktif menyumbangkan gagasan paradigma baru gerakan mahasiswa di era kontemporer saat ini. Selain mempelopori untuk tetap kritis dan oposan terhadap pemerintah, periode kepengurusan tahun 2012 inilah diiniasi untuk menyusun gagasan paradigma pergerakan mahasiswa dalam bentuk tulisan. Berkaca dari setiap pemimpin besar yang dilahirkan oleh republik ini, mereka mempunyai kemampuan orasi yang bagus. Serta ditunjang kemampuan menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Setiap dari mereka, besar dengan ideologi yang dibawa, serta mampu menularkan kepada masyarakat mengenai ide dan gagasannya. Lihatlah Soekarno, dengan ide besar revolusi yang dituangkan dalam bukunya “Di Bawah Bendera Revolusi”, atau Tan Malaka yang menulis mengenai masa depan republik
Indonesia. Menjadi pemimpin yang mampu menuangkan gagasannya, pastinya akan menjadi pemimpin yang berkarater dan mampu memperngaruhi orang banyak. Dunia kampus sebagai salah satu kawah candradimuka lahirnya pemimpin-pemimpin masa depan, perlu digembleng kemampuan-kemampuan untuk menuangkan gagasan dalam bentuk tulisan. Agar semakin banyak yang mndapat pencerahan dan siap melakukan perubahan. 

B. NAMA KEGIATAN.
Nama kegiatan adalah “Lomba Essay Kritis Mahasiswa Tingkat Nasional” yang diselenggarakan oleh Kementerian Kebijakan Publik BEM UNAIR 2012.
C. TUJUAN KEGIATAN.
1. Merangsang daya berpikir aktivis mahasiswa untuk menuangkan gagasan dan idenya dalam bentuk tulisan.
2. Mengumpulkan dan menginisiasi karya intelektual aktivis mahasiswa sebagai salah satu paradigma baru gerakan mahasiswa.
3. Menjadi salah satu jalan perjuangan mahasiswa untuk menyalurkan aspirasi kepada pemangku kepentingan melalui tulisan.
D. PENYELENGGARAAN.
1. Lomba Essay Kritis Mahasiswa BEM UNAIR Tingkat Nasional ini dimulai sejak tanggal 10 Agustus 2012 dan ditutup tanggal 10 Oktober 2012 (Bukan Cap Pos).
2. Naskah yang terkumpul akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari BEM UNAIR dan akademisi UNAIR selama seminggu. Tiga orang pemenang akan diumumkan pada tanggal 20 Oktober 2012 melalui
website bem unair (www.bem.unair.ac.id) dan pemenang akan dihubungi panitia.
E. PESERTA.
Peserta merupakan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri atau swasta yang berjenjang program sarjana (S1) dari berbagai disiplin ilmu.
F. ANGGARAN.
Anggaran pelaksanaan lomba dan hadiah menggunakan anggaran BEM UNAIR dan sponsor.
G. TEMA.
1. Gerakan Mahasiswa Menyongsong Perubahan Globalisasi. (Peserta dapat membahas mengenai seluk-beluk kelemahan dan kelebihan gerakan mahasiswa yang ada, serta kesiapan menghadapi era
globalisasi, dimana semakin banyak mahasiswa yang apatis terhadap kondisi sosial politik bangsa. Peserta diharapkan dapat memberikan solusi alternatif paradigma gerakan mahasiswa yang baru).
2. Kaderisasi Kepemimpinan Nasional dalam Memajukan Indonesia di Kancah Dunia. (Peserta dapat membahas mengenai kampus sebagai lumbung kaderisasi pemimpin masa depan. Persoalan serta permasalahan yang dihadapi dalam kaderisasi kampus dalam menyongsong kepemimpinan nasional. Dimana saat ini kita dihadapkan pada pemimpin-pemimpin bangsa yang korup, integritas rendah dan tidak mempunyai kepekaan sosial. Peserta diharapkan dapat memberikan solusi alternatif proses kaderisasi
kepempimpinan nasional yang berasal dari kampus guna menyongsong Indonesia yang lebih baik dan bermartabat. 

3. Kesejahteraan dan Visi Indonesia yang Lebih Baik dan Bemartabat. (Peserta dapat membahas kekayaan alam Indonesia yang belum dinikmati oleh rakyatnya sendiri. Aturan-aturan konstitusi yang belum dilaksanakan oleh pemerintah sepenuhnya serta ketimpangan sosial yang begitu tinggi dalam masalah kedewasaan demokrasi, penegakan hukum dan status HAM. Peserta diharapkan dapat memberikan solusi dalam mewujudkan Indonesia yang lebih baik dan bermartabat).
4. Kedaulatan Energi dan Ketahanan Pangan: Memimpikan Pemimpin yangPro-Rakyat.
(Peserta dapat membahas mengenai konsesi energi di Indonesia dalam sepenuhnya berada di tangan asing. Serta tata niaga pangan yang masih sangat amburadul. Indonesia saat ini membutuhkan pemimpin-pemimpin yang benar-benar dekat dengan rakyat serta mampu mengayomi untuk semua. Peserta diharapkan dapat memberikan solusi alternatif karakter pemimpin Indonesia yang pro-rakyat).
H. WAKTU DAN TEMPAT PENGUMUMAN PEMENANG.
Tiga orang pemenang akan diumumkan pada tanggal 20 Oktober 2012 melalui website BEM UNAIR (www.bem.unair.ac.id) dan akan dihubungi langsung oleh panitia lomba.
I. KETENTUAN LOMBA.
1. Lomba ini bersifat TERBUKA dan GRATIS serta tidak dipungut biaya pendaftaran.
2. Peserta dapat memilih tema yang telah ditentukan.
3. Naskah harus asli, bukan terjemahan, bukan plagiat dan bukan saduran. Apalagi dikemudian hari ditemukan pelanggaran, maka akan didiskualifikasi dan dipidanakan sesuai atauran akademis.
4. Naskah menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar sesuai EYD.
5. Naskah harus sesuai dengan tema.
6. Naskah dengan kepustakaan yang mendukung lebih disukai.
7. Naskah diketik minimal 4 hal dan maksimal 10 hal, kertas A4, spasi 1,5, margin (4,4,3,3) Times New Roman.
8. Naskah yang dikirim menjadi milik panitia.
9. Setiap naskah wajib melampirkan fotokopi KTM dan biodata diri lengkap (nama, alamat, perguruan tinggi, email, no hp, dan riwayat singkat).
J. HADIAH DAN PENGHARGAAN.
a. Hanya akan diambil tiga pemenang dengan hadiah sebagai berikut:
1. Juara I akan mendapatkan Rp.1.000.000 serta piagam penghargaan.
2. Juara II akan mendapatkan Rp.750.000 serta piagam penghargaan.
3. Juara III akan mendapatkan Rp.500.000 serta piagam penghargaan.
b. Naskah Tiga Pemenang akan diterbitkan bersama kumpulan tulisan aktivis BEM UNAIR. Hak Cipta penerbitan ada di panitia lomba.
K. DEWAN JURI.
Dewan Juri Berasal dari unsur pengurus BEM UNAIR dan akademisi UNAIR yang telah ditunjuk. Segala Keputusan dewan juri tidak dapat diganggu gugat.
L. KETENTUAN PENGIRIMAN NASKAH.
Naskah dikirim secara softcopy dan hardcopy:
a. Softcopy dikirim ke: lomba.esaikritis.mahasiswa2012@gmail.com
b. Hardcopy dikirim ke: Panitia Lomba Esai Kritis Mahasiswa BEM
UNAIR 2012. d.a. Sekretariat BEM UNAIR, Jl. Airlangga 4-6, Kampus B Univeritas Airlangga-Surabaya.

M. PENUTUP.
Demikian hal ini disusun sebagai panduan penjelasan lomba essay kritis mahasiswa BEM UNAIR. Hal-hal lain yang belum diatur dalam kerangka penjelasan akan ditentukan oleh panitia dikemudian hari.
Menteri Kebijakan Publik BEM UNAIR 2012 


ttd
Subandi Rianto.


Source: BEM Unair

You May Also Like

0 komentar

Instagram