Mr. Idol (Mr. 아이돌) 2011: Really?

by - February 18, 2012


Setelah tragedi bunuh diri vocalis boyband Mr. Children di panggung, Goo-Joo (Park Ye-Jin), yang mengurus band itu, kemudian meninggalkan Korea selama 3 tahun. Kemudian ia kembali lagi. Di bandara yang tengah ramai oleh turis yang dibawa oleh suatu jasa travel, tanpa ia sadari kopernya dibawa oleh salah satu pemandu jasa travel, Yoo-Jin (Ji Hyun-Woo), karena disangka milik salah satu turisnya. Goo-Joo kemudian pergi ke kantor agensi Star, dan ditawari pekerjaan oleh Hee-Moon (Kim Su-Ro) yang mengelola agensi itu. Pekerjaan yang Hee-Moon maksud adalah mengurus boyband baru, dan bukan merenovasi boyband Mr.Children. Ia tidak setuju, dan memilih mengumpulkan kembali anggota Mr.Children, Hyun-Yi, Jio, dan Ricky. Namun ia butuh penyanyi utama.

Pada malam harinya, Goo-Joo sadar bahwa kopernya tidak ada. Ia kemudian menelpon ponsel yang ia taruh di koper itu, dan berbicara dengan pemandu jasa travel, Yoo-Jin. Selain menjadi pemandu jasa travel, Yoo-Jin juga anggota sebuah band yang di masa lalu di tolak oleh agensi Star. Sekarang, selain bekerja paruh waktu di jasa travel, malam harinya ia bermain band di sebuah bar. Goo-Joo kemudian minta bertemu dengan Yoo-Jin untuk mengambil kopernya. Namun, alangkah sialnya ketika ia mengangkat tangan untuk menunjukkan diri pada Goo-Joo, koper itu menggelinding dan kemudian melayang masuk ke kolam. Goo-Joo tentu menyuruhnya untuk mengambil koper itu, dan tidak tahu bahwa Yoo-Jin ternyata tidak bisa berenang. Goo-Joo terpaksa terjun ke kolam itu juga untuk menolong Yoo-Jin.

Beberapa waktu kemudian, untuk meluluskan keinginannya membentuk kembali boyband Mr. Children, Goo-Joo membuka audisi terbuka, dan bertemu lagi dengan Yoo-Jin. Suara Yoo-Jin yang bagus, membuat Goo-Joo teringat kembali pada vocalis Mr. Children yang meninggal itu. Keduanya mirip dalam hal suara, sama-sama membuat Goo-Joo berdiri dan mendekat, meskipun tanpa wajahnya ekspresi. Goo-Joo kemudian menawarkan agar Yoo-Jin saja yang audisi, sementara band-nya tidak. Namun, Yoo-Jin menolak, dan kemudian pergi bersama band-nya. Melihat kesempatan yang diberikan Goo-Joo pada Yoo-Jin, anggota band lainnya memutuskan untuk membubarkan diri, dan mempersilakan Yoo-Jin menerima tawaran itu. Selain itu, Goo-Joo juga tidak mau menyerah begitu saja atas penolakan Yoo-Jin. Ia kemudian mengikuti Yoo-Jin setiap hari, hingga akhirnya mau ikut dalam boyband Mr. Children.

Eits, sebentar dulu. Ceritanya belum selesai, dan masih ada intrik-intrik lain yang kemudian muncul. Karena film ini dikabarkan ingin menampilkan realitas industri hiburan Korea. Entah itu hanya sekedar harapan, atau bualan untuk meningkatkan rating. Karena menurut saya, film ini hanya menggambarkan bagian permukaannya saja, dengan tambahan hal-hal klise lainnya. Film ini, tidak lebih dari sekedar drama musikal televisi semacam 'Dream High'.

Dari segi cerita, Lee Kyu-Bok, Ra Hee-Chan sebagai penulis naskah jelas tanggung dalam merealisasi 'tampilan industri hiburan Korea' itu. Atmosfer serius, dan komedi dengan ditampilkan sosok Goo-Joo yang nyaris selalu tanpa ekspresi, dengan keluarga Yoo-Jin yang tampil sebagai penambah kesan komikal. terasa begitu kontras. Mungkin karena mereka ingin mencampurkan keduanya dalam film ini. 

Sementara permasalahan yang disuguhkan tidak secara seluruhnya dikupas hingga tuntas, karakter tokoh-tokohnya pun terasa stuck di tempat itu saja. Mungkin hanya sekedar pendamping saja? Karena penampilan artis-artis Kpop asli seperti Nam Gyu-Ri, U-Kiss, kedua pemeran anggota Mr. Children, Park Jae-Boom, juga cameo-cameo lain di akhir film, terasa tidak ada pengaruhnya. Atau kasarnya, mereka seperti 'dikacangin alias dicuekin' dalam segi pemeranan atau akting.  Apa mungkin itu karena porsi mereka hanya untuk penarik perhatian? Agar film ini mendapat kesan bahwa 'mereka sudah menyentuh industri hiburan Korea karena mereka menonjolkan Kpop di atas panggung'. Karena saya pikir, hanya bagian saat mereka performance di panggunglah yang sangat menonjol. Dan jika mengingat film ini tampil dalam format widescreen dengan audio yang terasa lebih ditekankan pada treble-nya, jelaslah kiranya mana yang memang benar-benar ingin mereka tonjolkan. Karena dari segi cerita, sekali lagi saya katakan, ini terlalu biasa.

Terlepas dari permasalahan itu, soundtrack film ini juga lumayan enak ditelinga. Lagu Mr. Children Summer Dream, merupakan remake dari lagu milik Tube, band J-Rock angkatan lama. Fyi, Mr. Children juga merupakan nama band J-Rock angkatan lama lainnya. Yah, pada akhirnya saya bisa bilang, bila ingin tertawa leh adegan komikalnya, dan 'kemeriahan' panggung K-Pop dengan lagu-lagunya yang easy listening, juga dance-nya, bolehlah nonton film ini. Namun, jika kamu menginginkan sesuatu yang lebih baik dalam 114 menit durasinya, misalnya plot yang mengupas tuntas soal industri hiburan Korea,  baik manis dan kelamnya, jangan terlalu berharap kamu akan menemukannya. Itu tidak ada. (Q.A)

Movie: Mr. Idol ★ Hangul: Mr. 아이돌 ★ Revised romanization: Mr Ahidol ★ Directed by Ra Hee-Chan ★ Produced by Kim Sung-Chul Written by Lee Kyu-Bok, Ra Hee-Chan ★ Cinematographer: Park Yong-Soo ★ Starring Park Ye-Jin, Ji-Hyun-Woo, Kim Su-Ro, Lim Won-Hie, Park Jae-Beom, Jang Seo-Won, Kim Randy, Ko Chang-Seok, Jang Yeong-Nam, Joo Jin-Mo, U-Kiss, Nam Gyu-Ri. ★ Studio: Daisy Entertainment ★ Running Time 114 minutes ★ Release Date November, 3, 2011 ★ Language: Korean ★ Country South Korea ★

Source: AsianmediawikiHancinema viki.com

You May Also Like

0 komentar

Instagram